Minggu, 26 September 2010

Pengaruh Internet Dibidang Pendidikan Dilihat dari Sisi Psikologi!

Pada masa sekarang ini yang serba canggih, Internet sudah bukan hal yang tabu lagi. Dari mulai anak-anak, remaja sampai yang tua pun dapat dengan bebas mengakses jaringan internet.
Dalam tiap sekolah pun saat ini sudah menggunakan fasilitas internet untuk memepermudah sistem belajar mengajar.
Beberapa pengaruh Internet dalam bidang pendidikan yang banyak kita lihat, antaranya :
Dalam hal positif,
• Para anggota pengajar dan pelajar, saat ini sudah lebih gaul dengan menggunakan jejaring sosial yang akrab di telinga kita (facebook, twiter, YM), mereka bisa saling bertanya tentang hal pelajaran dengan mudah dan cepat, bahkan bisa secara pribadi tanpa di ketahui orang lain.
• Ada juga yang menggunakan internet untuk menaruh berbagai bahan pelajaran, sehingga bisa dengan mudah kita akses dan pelajari tanpa harus membeli buku.
• Beberapa Universitas menerapkan tugas-tugas perkuliahan dengan cara mendaftarkan tugas mahasiswa ke internet dalam jaringan kampusnya masing-masing.
Dalam hal negative,
• Dengan mudahnya internet seperti yang kita tahu, justru ini membuat para pelajar bahkan pengajar masuk ke dalam kemalasan membaca buku yang tersedia di perpustakaan.
• Silaturahmi yang pada masa dulu kita di ajarkan untuk saling berjabat tangan bahkan bertemu pun sekarang sudah luntur karena banyak yang mencari jalan pintas menggunakan jejaring sosial, padahal pelajaran-pelajaran kecil seperti itu adalah cirri khas bangsa Indonesia.
• Karena saat ini sudah banyak anak sekolah atau mahasiswa yang menggunakan peralatan seperti computer atau leptop, banyak yang iseng-iseng melihat atau mencoba situs-situs yang tidak berhubungan dengan pelajarannya atau bahkan situs terlarang (ini hal yang sangat “wajar” saat ini).
• Pelajar yang menggunakan jejaring sosial pun saat ini banyak yang masuk dalam masalah sosial, seperti penculikan, penipuan, dan bebagai macam masalah dalam dunia maya tersebut.
• Para pemakai internet pun dengan mudah mengUPLOAD foto-foto atau video yang tidak pantas diedarkan yang mudah di akses oleh pelajar saat sekasrang ini.

Semua yang terjadi negative atau positifnya pengaruh internet pada bidang pendidikan sebenarnya tergantung diri kta sendiri bagaimana menjaganya.
Dan para pengajar dalam organisasi sekolah juga mestinya tetap mengajarkan bagaimana internet yang sehat.
Dan peran orang tua sangatlah penting dalam lingkungan rumah dan sisi kekeluargaannya, bagaimana sang orang tua dapat membimbing pertumbuhan anak mereka masing-masing.
Pemerintah pun harus lebih tegas dan menjaga bagaimana masyarakatnya menggunakan fasilitas internet saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar